Halaman

Rabu, 06 Januari 2010

Kris Adji AW: KALAU SAYA BICARA LUKISAN SAYA

Sebagai muslim,apapun yang saya lakukan mengharap menjadi bagian dari ibadah.Demikian pula pada saat saya melukis.Lingkungan,situas,dan kondisi yang terjadi di sekitar saya adalah sumber inspirasi penciptaan dan kreatifitas saya.kadang secara simbolik,maupun ekspresi,serta perilaku manusia menjadi ungkapan garis dan sapuan warna dalam karya saya.Nilai-nilai psikologis,religius,dan kemanusiaan menjadi pijakan dalam karya-karya saya “Dalam melukis aku dapat memvisualkan dan mengungkapkan getaran-getaran kegelisahan jiwa.Renungan hidup manusia dan alam semesta kugauli untuk menemukan hakekatnya.Demikianlah lukisan saya.”


MENGAPA GERAK TARI ?

Tarian adalah gerak ritmis dinamis yang hakikatnya adalah ungkapan ekspresi jiwa.Kegelisahan,kamarahan,kesedihan bahkan kebahagiaan,keserakahan atau mungkin renungan hidup sampai dengan ekspresi persembahan kepada Tuhan yang maha Perkasa.
Gerakan-gerakan fisik manusia yang diekspresikan dalam tarian bisa jadi adalah gerakan-garakan spontan (tidak mengada-ada) yang begitu saja terjadi akibat desakan-desakan yang amat kuat dari segala permasalahan yang mendesak dalam jiwa manusia.
Setiap gerakan-garakan spontan(seperti halnya berteriak,menangis,bahkan pingsan sekalipun) yang muncul dalam diri kita pada hakikatnya adalah tarian jiwa yang tervisualkan lewat fisik atau raga yang kasat mata dari manusia.
Karena itulah dalam periode lukisan-lukisan saya yang mutakhir ini mengambil seri gerakan tari seperti yang saya uraikan di atas.Gerakan tari tersebut menarik untuk digarap karena menurut saya gerakan-gerakan tari dalam goresan lukisan akan lebih mampu mewakili secara simbolik pada permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.Baik makro maupun mikro,alam yang nampak maupun alam yag abstrak,realita sosial maupun perjalanan religius,bahkan mungkin isyarat masa depan.
Kalaupun jika ada yang berubah itu adalah tuntutan dari gerakan kreatifitas dalam berkarya.Namun demikian insyaAllah basic saya tidaklah berubah.Begitulah lukisan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Mencari Apa ?